Rabu, 19 Agustus 2020

Penyebab mesin mobil bunyi kletek kletek

Mesin mobil bunyi kletek-kletek memang bikin hati berdebar-debar dan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Terlebih jika timbulnya bunyi terjadi disaat menempuh perjalanan jauh. Untuk menelusuri penyebab mesin bunyi kletek-kletek memang tidak mudah.

Selain karena konstruksi mesin yang berbeda-beda, kondisi dan waktu terjadinya bunyi kletek-kletek pada mesin juga turut menentukan letak kesulitan saat mendeteksi bunyi kletek-kletek pada mesin tersebut.

debar dan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman Penyebab mesin mobil bunyi kletek kletek

Ada bunyi kletek-kletek yang terjadi hanya pada saat mesin dingin, ada yang muncul saat putaran mesin rendah saja.

Ada yang bunyi kletek tersebut muncul hanya pada putaran mesin yang tinggi saja, dan ada pula yang bunyi tersebut muncul di berbagai putaran mesin.

Nah , pada artikel berikut akan kami informasikan beberapa penyebab mesin mobil bunyi kletek-kletek yang kami ketahui dan seringkali terjadi


1. Celah klep renggang


debar dan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman Penyebab mesin mobil bunyi kletek kletek

Penyebab mesin mobil bunyi kletek-kletek yang paling umum dan sering dialami oleh banyak kendaraan adalah renggangnya celah klep mesin. Kerenggangan pada celah klep bisa terjadi akibat lamanya waktu pemakaian kendaraan serta terjadinya keausan pada camshaft dan rocker arm shaft.

Celah klep yang renggang dan sudah melewati batas kerenggangan celah yang dianjurkan, kerap menimbulkan bunyi kletek-kletek pada mesin.

Bunyi kletek-kletek akibat celah klep yang renggang ini biasanya akan terdengar semakin keras saat rpm mesin meningkat. Jadi, saat mesin mobil di gas, bunyi kletek kletek akan semakin nyaring terdengar.

Untuk mengatasi bunyi kletek-kletek pada mesin akibat celah klep renggang, anda perlu melakukan penyetelan ulang celah klep sesuai dengan spesifikasi mobil anda.


2. Auto Klep lemah


debar dan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman Penyebab mesin mobil bunyi kletek kletek

Pada beberapa mobil tipe menengah keatas, penyetelan klep sudah tidak lagi diperlukan. Sebagai gantinya, mereka menambahkan komponen sejenis auto klep yang dapat mengatur celah klep secara otomatis.

Yang kami ketahui, kebanyakan mobil menggunakan auto klep jenis hidraulic. Komponen ini sering dikenal dengan nama Hydraulic Lash Adjuster / Auto Lash Adjuster. Komponen ini biasanya dipasang di bagian rocker arm yang berhubungan langsung dengan klep (valve).

Pada bagian dalam Hydraulic Lash Adjuster terdapat sebuah pegas (spring). Seiring dengan lamanya waktu operasi kendaraan, maka daya pegas pada spring yang ada di dalam Hydraulic auto lash adjuster ini akan melemah.

Akibatnya, kerapatan celah klep dengan rocker arm sudah tidak bisa lagi dipertahankan sehingga akan menimbulkan bunyi kletek-kletek yang sangat nyaring, baik pada putaran mesin rendah ataupun pada putaran mesin tinggi.

Untuk mengatasi bunyi kletek-kletek akibat auto lash adjuster lemah adalah dengan mengganti komponen tersebut. (Pada beberapa kondisi ada yang bisa di"akali" dengan melakukan bleeding dan pembersihan pada auto klep ini, namun umumnya tidak akan bertahan lama).

Baca juga:


3. Main bearing dan conrod bearing aus


debar dan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman Penyebab mesin mobil bunyi kletek kletek

Penyebab mesin mobil bunyi kletek-kletek berikutnya adalah terjadi keausan pada main bearing dan conrod bearing. Main bearing (metal duduk) berfungsi untuk menopang crankshaft dan Conrod Bearing (metal jalan) berfungsi untuk menopang connecting rod (setang seher).

Ketika terjadi keausan pada kedua bearing ini, maka di mesin kerap terdengar bunyi kletek-kletek yang cukup keras dan dalam. Bunyi kletek-kletek ini terkadang tidak terlalu nyaring saat rpm mesin rendah, namun akan sangat nyaring ketika putaran mesin tinggi.

Untuk mengatasi kondisi ini, cara terbaiknya adalah dengan turun mesin total untuk dilakukan pengukuran ulang dan penggantian bearing yang sesuai dengan minimal celah yang disarankan oleh pihak pabrikan mobil.


4. Kerusakan pada komponen mesin lainnya


Mesin mobil bunyi kletek-kletek juga bisa terjadi akibat kerusakan pada komponen mesin lainnya selain dari 3 penyebab diatas. Kerusakan-kerusakan yang dipaparkan disini memang tidak umum dan jarang terjadi namun diketahui pernah terjadi.

Berikut beberapa komponen mesin lainnya yang pernah diketahui menjadi penyebab mesin mobil bunyi kletek-kletek.
  • Flange Flywheel untuk mobil matic (tempat Torque Converter dipasang) sebagian platnya ada yang pecah dan bergesek ke bodi mesin.
  • Damper pulley (puli crankshaft) oleng dan mengenai bodi cover timing chain akibat karet dampernya rusak dan pecah.  
  • Salah satu silinder mesin bermasalah seperti kemasukan benda keras, valve/klep ada sebagian yang pecah (somplak), keramik pada kepala busi pecah dan jatuh dalam ruang silinder mesin.
  • dan lain-lain
Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil